Trik Jitu Lolos Wawancara Kerja

Posted by Susan Merah







Trik Jitu Lolos Wawancara Kerja, Nih buat teman asik tau yang ingin atau akan melamar pekerjaan, sedikit tips ampuh biar kalian lulus dalam wawancara tes kerja, silahkan simak tips dan trik berikut ini :

1. Beritahukan kami tentang diri Anda?
Biasanya ini merupakan pertanyaan pembuka, karena itu jangan menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menjawabnya. Berikan jawaban yang menjawab empat subjek: Kegiatan2 menarik yg anda ikuti selama setahun belakangan serta pendidikan terakhir, sejarah kerja, dan pengalaman karir yg sebelumnya.

2. Kenapa anda ingin kerja disini ? 
Sebaiknya anda mnjwbnya dengan memberikan berbagai info/isu2 positif tentang perusahaan tsbt/ penghargaan2 yg pernah di raih prshaan tsbt.

3. Apa yang Anda ketahui tentang kami?
Ketika pertanyaan ini dikeluarkan, anda diharapkan mampu mendiskusikan produk/pelayanan, pendapatan, reputasi, pandangan masyarakat, target, permasalahan, gaya manajemen, orang-orang di dalamnya, sejarah, dan filosofi perusahaan. 
Berikan jawaban yang memberitahu pewawancara bahwa Anda meluangkan waktu mencari tahu tentang perusahaan tersebut, namun jangan beraksi seperti Anda tahu segalanya tentang perusahaan tersebut, tunjukan keinginan mempelajari lebih banyak tentang perusahaan tersebut, dan jangan memberikan jawaban negatif seperti “Saya tahu perusahaan anda mengalami problema2, itu alasan saya disini”. Tekankan keunggulan perusahaan dan minat Anda terhadap hal tersebut.

4. Brp gaji yg anda inginkan ?
Jika Anda diberi pertanyaan ini dari awal wawancara, sebaiknya Anda membalasnya dngn pertanyaan "Seberapa besar tanggung jawab & Beban Kerja yg akan saya terima ? " . Tekankan bahwa Anda lebih mementingkan pekerjaan & tanggung jawab yg akan anda terima. Namun jangan menjual standar Anda.

Jika ditanya kisarannya, Jgn memasang gaji yg terlalu rendah/tinggi. Yg paling tau brp nilai jual anda adalah diri anda sndri. Untuk pemula dgn jbtn kryawan biasa biasanya sih 2,5 - 3jt / Sesuai UMR. Sebutkan gaji yang besarnya realistis. Lihat mata pewawancara, sebutkan jumlah, dan berhentilah bicara. Jangan bohong tentang gaji yang Anda terima di kantor sebelumnya [bila Anda sudah bekerja]. 
Bila Anda merasa bahwa gaji Anda di kantor yang sekarang terlalu kecil, berikan penjelasan, misal... 
"upah yg saya terima tidak sesuai dngn beban kerja & tanggung jawab yg saya terima"

5. Apa yang dapat Anda berikan pada kami (yang orang lain tidak bisa beri)?
Sebutkan kemampuan Anda serta hal-hal yang menarik perhatian Anda.
Sebutkan prestasi-prestasi dan jenjang karir yang Anda telah capai. gabungkan dengan sejarah Anda dlm mencapai hal-hal itu. 
Sebutkan kemampuan Anda dalam menentukan prioritas, mengidentifikasi masalah, dan cara menyelesaikannya.

6. Menurut Anda hal apa yg paling menarik dari pekerjaan ini? Dan apa yang paling tidak menarik?
Sebutkan 3 - 4 faktor menarik dari pekerjaan yang anda hendak ambil dan 1 hal kecil sebagai faktor yang kurang menarik.

7. Mengapa kami harus merekrut Anda?
Pertanyaan ini sama seperti pertanyaan nomor 5, sebutkan saja kemampuan2 Anda, yg sesuai dngn bidang pekerjaan yg anda minati serta yang mampu mendukung perusahaan tersebut.

8. Apa kelebihan utama Anda?
Pilih potensi yang relevan dengan bidang pekerjaan yang Anda lamar. 
Hindari respons yang generik seperti pengakuan bahwa Anda pekerja keras.
Lebih baik, berikan respon "“Saya selalu diperbudak daftar pekerjaan yang saya buat sendiri. Sebab, saya tidak mau pulang sebelum tugas2 saya selesai"”. INGAT, KLO MW BO'ONG JGN KETERLALUAN agar anda tidak grogi pada saat berbohong.
Grogi menunjukkan ketidaksiapan anda.

9. Apa kekurangan/kelemahan Anda ? [yang paling jelas]
Jangan bilang Anda seorang perfeksionis (menunjukkan bahwa Anda sombong). Lebih baik, jujur saja dan sebutkan kelemahan yang kongkret tapi harus disertai dngn cara mengatasinya. 
Misalnya, Anda lemah menghitung di luar kepala, oleh krna itu Anda mengatasinya dengan membawa kalkulator.

Kemudian, susul dengan kelebihan Anda.

10. Menurut Anda, apa definisi dari posisi yang Anda inginkan?
Berikan jawaban yang singkat dan berkisar tentang tugas dan kewajiban. Pastikan Anda mengerti posisi tersebut sebelum Anda hendak menjawab.

11. Apa yang Anda cari di dalam sebuah pekerjaan?
Berikan jawaban yang berkisar pada "peluang perkembangan karir" di dalam organisasi. Beritahukan pewawancara kalau Anda ingin memberikan kontribusi dan dikenal. Hindari jawaban yang mempersoalkan kestabilan keuangan pribadi.

12. Berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk memberikan kontribusi berarti bagi kami?
Beri jawaban yang realistis. 
Beritahu ke pewawancara, walaupun Anda baru pertama masuk kelingkungan perusahaan tsbt, Anda akan berusaha mengatasi segala harapan dan tantangan dari hari pertama, Anda membutuhkan sekitar 6 bulan untuk benar2 mengerti organisasi perusahaan dan kebutuhannya.

13. Berapa lama Anda akan bersama kami?
Beritahukan pewawancara bahwa Anda tertarik berkarir selama mungkin bersama perusahaan namun Anda ingin tetap tertantang untuk mencapai target bersama.

14. Seberapa besar kesuksesan yang telah/pernah Anda capai?
Berikan jawaban yang positif dan percaya diri, namun jangan memberikan jawaban yang berlebih. Jangan membuat pewawancara merasa Anda seorang yang suka membesar-besarkan sesuatu.

15. Apa target jangka panjang Anda?
Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda lagi-lagi diharuskan meneliti perusahaan tersebut dan mengetahui rencana dan target mereka.
Lalu berikan jawaban yang sinkron dengan tujuan/target perusahaan.

16. Di mana Anda melihat diri Anda lima tahun lagi?
Gambarkan posisi yang realistis. Kira2 2 - 3 posisi di atas posisi yang Anda lamar sekarang. Jangan sertakan cita2 yang tak ada hubungannya dengan lamaran pekerjaan Anda, misalnya, ingin jadi bintang sinetron atau jadi novelis. Sebab, Anda akan tampak tidak fokus.

17. Apakah anda pernah mngalami kegagalan sblmnya?
jawab aj kegagalan yg pernah anda alami... tapi harus yg sudah ada solusinya.
Minimal anda sudah berusaha untuk mengatasi kegagalan tsbt.

18. Kenapa anda keluar dri tmpt kerja anda yg sblmnya ?
Jgn pernah bilang "Gaji saya disana kurang besar".
Jgn pernah mengungkapkan hal2 negatif secara blak2an.

Akan lebih baik klo anda menjawab "jika saya tetap disana, saya tidak akan bisa maju karena disana saya tidak pernah mendapatkan kesempatan"

19. Apa yang Anda rasakan ketika harus meninggalkan pekerjaan Anda?
Beritahu pewawancara bahwa Anda merasa khawatir namun jangan terkesan panik. Katakan bahwa Anda siap menerima segala resiko demi mendapatkan pekerjaan yang cocok untuk Anda. 
Jangan menunjukan bahwa Anda lebih mementingkan kestabilan keuangan.

20. Apa pendapat Anda tentang bos Anda sebelumnya?
Ini juga pertanyaan yang harus Anda jawab dengan hati-hati. Sebisa mungkin jawablah pertanyaan ini dengan positif karena calon bos Anda akan merasa Anda akan membicarakan hal-hal buruk tentang dia seperti apa yang telah Anda lakukan terhadap bos yang terdahulu.

21. Air trsbt rasanya manis.
pas dikasih sgls air putih biasa/minuman lainnya yg rasanya pahit/hambar, pewawancara biasanya akan nanya "gimana minumannya ? manis kan?". Wlpun air tsbt pahit sekalipun, jgn pernah bilang "pahit" apalagi "manis"

Kalau jawab "pahit" = berarti anda orang yg sangat kritis. Anda tidak mw menerima keputusan yg sudah perusahaan tetapkan. Ini akan memperkecil peluang anda untuk diterima.

Kalau jawab "manis" = berarti anda cenderung akan berbohong/menjilat untuk mendapatkan apa yg anda incar. Ini juga akan memperkecil peluang anda untuk diterima.

Sebaiknya katakan "air ini agak manis". Itu menunjukan klo anda kreatif tp msih memiliki batasan yg telah ditetapkan oleh perusahaan.

22. Apakah anda siap ditempatkan dibagian mana saja & di cabang lainnya ?
G perlu ragu2 ngejawabnya. Langsung aja jawab "SIAP !!"
biasanya itu hanya pertanyaan jebakan yg intinya adalah menguji keberanian anda untuk menerima tantangan baru, antusias, serta keseriusan Anda pas kerja di perusahaan tsbt.

23. Dari resume Anda, kami rasa Anda terlalu berpengalaman untuk posisi ini. Bagaimana pendapat Anda?
Ini pertanyaan jebakan. Anda diharapkan untuk tetap rendah hati namun percaya diri dengan kemampuan Anda. 
Cara terbaik menanganinya adalah dengan menjawab bahwa Anda perlu mengenal perusahaan tsbt lebih jauh lagi sebelum dapat dengan efisien bekerja di tingkat yang lebih tinggi.

24. Apakah anda punya pertanyaan ?
Minimal anda harus mengajukan 2 prtnyaan. 
Jgn nanya tntng hal2 diluar prshaan, tny aj yg berkaitan dgn prshaan, sprt "bgmn kinerja CEO disini?" 
atau "apakah prshaan ini sdh mmpnyai website/blm?"

wawancara kerja,wawancara kerja,wawancara kerja dalam bahasa inggris,wawancara kerja di bank,wawancara kerja bahasa inggris,wawancara kerja dan jawabannya,wawancara kerja di bank bri,wawancara kerja adalah,wawancara kerja pdf,wawancara kerja yang baik dan benar,wawancara kerja dalam komunikasi bisnis


BERIKAN KOMENTAR KAMU TENTANG ARTIKEL INI

susan merah -
ASIKTAU Updated at : 19:00

{ 0 comments... or add one}


Post a Comment