inilah kapal yang terpanjang di Dunia

Posted by oranger






inilah 3 jenis kapal yang terpanjang di Dunia.... kapal-kapal ini adalah yang dimiliki oleh beberapa perusahaan raksasa dunia.

1.    Knock Nevis (458,45 meter)

 

The Knock Nevis adalah sebuah kapal tanker milik Norwegia. Sebelumnya dikenal sebagai Seawise Giant, Happy Giant, dan Jahre Viking.  Panjang kapal tanker yang memiliki beberapa nama ini adalah 458,45 meter atau 1.504 kaki. Kapal ini lebih panjang dari Menara Kembar Petronas yang tingginya 452 m. Kapal Knock Nevis adalah salah satu kapal milik perusahaan-Perusahaan Terbesar di Dunia. pengeboran minyak lepas pantai di Norwegia. Meskipun Knock Nevis adalah kapal terpanjang, tetapi ia tidak termasuk dalam kapal terbesar karena hanya menempati urutan kelima dengan berat 236.710 GT. Kapal ini memang lain dibanding dengan yang lain. Kapal ini merupakan kapal laut terbesar di dunia yang pernah dibuat orang. Dan mungkin juga menjadi kapal yang paling sering berganti nama. Itu karena Knock Nevis memang sering berganti pemilik.

Kapal ini dibangun di galangan kapal Sumitomo Heavy Industries – Jepang.  Karena ukurannya yang besar, super tanker ini tidak bisa melintasi terusan Panama dan terusan Suez. Dimensi ukurannya memang luar biasa besar. Meskipun memegang gelar sebagai kapal terbesar di dunia, tapi kini Knock Nevis tidak difungsikan sebagai kapal lagi. Oleh pemiliknya sekarang (First Olsen Tankers) kapal ini digunakan sebagai floating storage dan Offloading Unit di Dubai. Meskipun sudah tidak bertugas sebagai kapal lagi, tapi hingga kini Knock Nevis masih tetap dianggap sebagai kapal paling besar yang pernah dibuat oleh manusia.

2.    Emma Maersk (397 meter)


Emma Maersk adalah sebuah kapal kargo berukuran sangat  besar bahkan mampu menampung 4 lapangan sepak bola sekaligus. Saking besarnya, kapal ini tidak akan muat jika melewati terusan Zues atau terusan Panama, jadi setiap pelayarannya yang melintasi benua, kapal ini menggunakan jalur tradisional.  Dengan kapasitas 14.770 TEUs (Twenty-feet Equivalent Units) dan panjang 397 meter, Emma Maersk menjadi kapal terpanjang yang beroperasi. Emma Maersk berlayar di pelabuhan-pelabuhan seluruh dunia seperti Ningbo, Xiamen, Hong Kong, Yantian, Algeciras, Rotterdam, Bremerhaven, dan kembali ke Ningbo.

Kapal ini mampu memuat  tidak kurang dari 1,400 container lebih banyak dari pada kemampuan muat kapal lain. Itu menurut batas stabilitas kapal sesuai dengan kebijaksanaan perusahaan, dengan asumsi berat per container 14 ton. Kapal ini dibangun di Galangan Kapal Odense, Denmark pada tahun 2006.  Ada fakta yang menarik ketika kapal ini sedang dibangun, dimana terjadi kebakaran besar di dek akomodasi dan bridge deck yang menyebabkan banyak kerusakan. Tetapi semuanya dapat diperbaiki dengan cepat dan kapal diselesaikan tepat waktu. Kapal ini diberi nama EMMA MAERSK, yang merupakan nama dari istri Maersk Mc-Kinney pendiri MAERSK-Group.

3.  TI Oceania (379 meter)


TI Class Supertanker Oceania adalah salah satu kapal yang paling menarik yang pernah dibangun dengan kemampuan mengangkut minyak mentahnya. TI Oseania adalah kapal tanker minyak besar yang masih beroperasi bahkan setelah rutinitas perjalanan yang sulit selama 9 tahun. Kapal TI Oseania merupakan bagian dari empat kapal yang terdiri dari armada TI kelas supertanker yaitu: TI Afrika, TI Asia, Eropa dan TI Oseania.  “TI” adalah singkatan untuk ULCC Tanker Renang Operator Tankers LLC Internasional.

Tonase bobot mati TI Oseania adalah sekitar 440.000 ton dengan kecepatan  antara 16 sampai 18 knot. Kapal TI Oceanis merupakan masterpiece yang sangat sarat dengan teknologi untuk semua rintangan yang mungkin terjadi selama perjalanan. Jika Anda melihat TI Oseania dari langit atau dari jarak jauh, hal pertama yang terlintas dalam pikiran adalah sebuah es raksasa yang mengambang di atas air. Panjang TI Oseania adalah 1.246 kaki atau 379 meter.


Kapal Terpanjang,kapal terpanjang di dunia,kapal terpanjang d dunia,kapal terpanjang di indonesia,kapal terpanjang dunia,kapal terpanjang dan terbesar,kapal terpanjang di dunia 2013,kapal terpanjang dan terbesar di dunia,kapal laut terpanjang di dunia,kapal pesiar terpanjang di dunia,kapal laut terpanjang


BERIKAN KOMENTAR KAMU TENTANG ARTIKEL INI

susan merah -
ASIKTAU Updated at : 13:30

{ 1 comments... or add one}


ֆʊӄɦʊ ɖɦǟʟʊ said...

WoW Busyett

Post a Comment