senjata militer yang dimiliki Indonesia [ Morolipi ]

Posted by Unknown






Berikut kelanjutannya gan,,senjata militer yang dimiliki Indonesia,,tapi sebaiknya kamu baca dulu artikel sebelumnya " Senjata militer hebat yang dimiliki Indonesia [ Roket HAN- 122 ] "


3. Morolipi


Morolipi robot penjinak bom
Mobil robot berlengan Morolipi (Mobil Robot Penjinak Bom LIPI) Robot yang diproduksi Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik LIPI tersebut dapat digunakan sebagai robot penjinak bom. Morolipi tidak sekadar bisa berjalan di atas tanah datar saja, tapi dapat naik-turun tangga.

 Baca juga ne gan: Penampakan Warteg Di Jepang

Nantinya, mobil robot ini disiapkan sebagai salah satu peralatan militer, sebagai mobil robot yang maju di garda depan kancah pertempuran, robot pengintai, bahkan untuk membantu pasukan anti huru-hara mengatasi kerusuhan.
Mobil robot ini dapat dioperasikan dari jarak jauh memakai kabel untuk menjinakkan bom dengan cara memotong kabel listrik rangkaian pemicu ledakan bom. Operator dapat mengoperasikan mobil robot itu dari jarak maksimal 6 km menggunakan joystick dengan cara melihat gambar di monitor komputer yang dikirim oleh video yang terpasang di mobil tersebut.

Baca juga ne gan: Inilah Virus Virus Yang Paling Mematikan Di Dunia


Mobil robot ini memiliki dua ruas lengan yang dapat berputar bebas ke lima arah sehingga bisa menekuk. Masing-masing ruas lengan panjang 70 cm dan bisa bergerak 360 derajat. Tinggi Morolipi-V.1 ini mencapai 1,5 meter, dan didukung elemen- elemen kerja berupa artikulator, pengontrol artikulator, kamera biasa, dan inframerah yang akan mengirimkan gambar lapangan secara nirkabel ke operator melalui layar komputer serta gripper sebagai alat penjepit dan pemotong kabel.

Baca juga ne gan: Inilah Wajah Bumi Di Malam Hari Jika Di Lihat Dari Antariksa

Rangkaian elektronik penggerak mulai kontak dengan roda penggerak, lengan, kopling elektronika mekanisme melewati tangga, serta pengontrol supervisor untuk memudahkan pengoperasian. Selain memiliki empat roda vespa delapan inci, robot itu juga dilengkapi sabuk roda, yang membantu robot itu menaiki tangga tanpa harus terpeleset. Kecepatan geraknya sama seperti kecepatan jalan manusia, yaitu 3 meter per detik. “Dari jarak 6 km, robot penjinak bom itu bisa dioperasikan. Jarak tersebut cukup aman untuk menjinakkan bom,” ujarnya.

luar biasa ne gan,,alat nya kaya yang ada di planet mars gitu gan ,,mau tau selanjutnya ?  
KLIK DISINI



BERIKAN KOMENTAR KAMU TENTANG ARTIKEL INI

susan merah -
ASIKTAU Updated at : 07:51

{ 0 comments... or add one}


Post a Comment