4 Tragedi Besar Dunia

Posted by oranger






dari awal manusia menempati dunia ini, Dunia tidak bisa lepas dari sejarah. Telah banyak kejadian-kejadian yang mempunyai pengaruh dalam setiap perjalanan dan perkembangan setiap manusia. Namun, perjalanan dan perkembangan tersebut tidak bisa lepas dari tragedi-tragedi besar yang pernah menimpa umat manusia.

Berikut adalah 4 dari banyak tragedi terbesar yang terjadi di beberapa belahan dunia

1. Kebakaran minyak di Kuwait


Kejadian ini terjadi setelah Perang Teluk mencapai titik akhirnya. Saddam Hussein, penguasa Irak saat itu, menyadari bahwa Kuwait terlalu berharga untuk ditinggalkan begitu saja. Alhasil, Saddam memerintahkan anak buahnya untuk meledakkan tambang minyak di Kuwait. Kejadian tersebut terjadi pada tahun 1991. Misi tersebut berhasil dan mengubah tambang minyak tersebut menjadi pilar api raksasa selama tujuh bulan.

Terbakarnya tambang minyak tersebut membuat daerah di sekitarnya tercemar. Asab beracun dan abu akibat pembakaran tersebut mempengaruhi penduduk di sekitar. Lebih parahnya lagi, di daerah Teluk Persia terjadi hujan minyak atau biasa disebut Black Rain yang membunuh hewan-hewan di sekitar area tersebut. Black Rain mengakibatkan terbentuknya sebuah danau minyak berwarna hitam pekat.

2. Bhopal

Di tengah malam, di 2 Desember 1984, sebuah kecelakaan terjadi di pabrik pestisida Union Carbide. Pabrik tersebut berada di Bhopal, India. Akibat dari kecelakaan tersebut, sebanyak 45 ton dari methyl isocyanate mengalir keluar dari pabrik. Hasilnya adalah tewas ribuan orang hanya dalam jangka waktu beberapa jam. Beberapa bulan kemudian, diperhitungkan sekitar 15.000 orang tewas dalam kejadian tersebut.

Keracunan tersebut juga berefek cukup panjang. Banyak dari korban yang selamat mengalami kebutaan dan kegagalan fungsi organ tubuh. Bahkan efek tersebut cukup terasa ketika bayi-bayi yang baru lahir juga terpapar infeksi akibat bocornya racun tersebut.

3. Pembangkit Nuklir Tokaimura

Pada 30 September 1999, Jepang mengalami sebuah kecelakaan nuklir terbesar yang pernah diderita. Kejadian tersebut diawali oleh sebuah kesalahan kala memproses uranium. Tiga pekerja di pusat pembangkit nuklir Tokaimura melakukan sebuah pencampuran dengan cara yang keliru. Alhasil, sebuah ledakan terjadi. Seorang pekerja langsung pingsan akibat ledakan tersebut, dan dalam beberapa menit, petugas lainnya langsung terbakar akibat radiasi nuklir.

Dalam kecelakaan tersebut, dua petugas tewas dan ratusan lainnya menderita radiasi dengan berbagai tingkatan yang berbeda-beda

4. Chernobyl


Ini adalah sebuah bencana nuklir terbesar yang tercatat di dalam sejarah. Kejadian ini terjadi pada 26 April 1986, ketika salah satu reaktor nuklir di pembangkit tenaga listrik Chernobyl di negara Ukraina meledak.

Hasilnya adalah pencairan nuklir dan mengakibatkan tersebarnya radiasi ke dalam atmosfer bumi. Bahkan disebut-sebut bahwa ini jumlah radiasi tersebut lebih besar dari pada peristiwa pemboman Hiroshima-Nagasaki. Radiasi tersebut menyebar ke arah Eropa melalui Uni Soviet.


 Tragedi Besar Dunia ,tragedi besar dunia,tragedi besar di dunia


BERIKAN KOMENTAR KAMU TENTANG ARTIKEL INI

susan merah -
ASIKTAU Updated at : 13:00

{ 0 comments... or add one}


Post a Comment