Terungkapnya Wahana Antariksa Yang Berjenis Kelamin Wanita

Posted by Susan Merah







Terungkapnya Wahana Antariksa Yang Berjenis Kelamin Wanita, Dalam bahasa Perancis, semua benda punya sifat, entah feminin atau maskulin. Mungkin karena itulah wahana antariksa juga perlu identitas jender. Dalam konferensi Science Online 2013 terungkap bahwa semua wahana antariksa adalah perempuan.

Adalah tiga perempuan di balik akun Twitter wahana antariksa Curiosity, @MarsCuriosity, yang pertama memberikan identitas jender pada wahana antariksa. Veronica McGregor, Courtney O'Connor dan Stephanie Smith, ketiga perempuan tersebut, menyebut Curiosity dengan "she".

Tidak dijelaskan mengapa wahana antariksa Curiosity diberi identitas jender perempuan walau mungkin saja hal tersebut terkait dengan pengelola akun twitter-nya yang semua perempuan. Atau, ini karena nama Curiosity juga diberikan oleh seorang siswi bernama Clara Ma.

Setelah menyebut Curiosity dengan "she". O'Connor menyatakan di akun Twitter pribadinya, @CourtOConnor, bahwa semua wahana antariksa feminin. "Seperti kapal penjelajahan, semua wahana antariksa kami adalah feminin :)," ucap O'Connor dalam kicauannya, Kamis (31/1/2013)

Pemberian identitas jender pada wahana antariksa itu menuai antusiasme publik.Atlantic Wire memberitakan, Kamis, banyak kicauan di Twitter yang menyambut baik pemberian identitas itu. Beberapa perempuan bangga bahwa wahana antariksa memiliki identitas sama dengan mereka.

"Curiosity is a SHE!!!," demikian kicau Carin Anne Bondar, biolog. "Saya baru mendengar dari @MarsCuriosity bahwa kendaraan itu memilih menjadi perempuan. Siapa tahu?" kicau Annale Newtz, pemimpin redaksi io9.com.

Karena sudah memiliki jender, kini manusia bisa menyebut Curiosity sebagai gadis cantik, gadis pemberani, atau gadis yang gemar bertualang ke antariksa.


BERIKAN KOMENTAR KAMU TENTANG ARTIKEL INI

susan merah -
ASIKTAU Updated at : 14:00

{ 0 comments... or add one}


Post a Comment