Komputer Amerika Kalah dengan Komputer Canggih China

Posted by oranger






China membuktikan kecanggihan teknologi yang dimiliknya, Superkomputer buatan Cina bernama Tianhe-2.
ternyata hampir dua kali lebih cepat dari superkomputer Titan buatan AS, komputer Amerika Serikat kembali kalah telak dalam perlombaan teknologi komputer.  dalam sebuah lomba yang diadakan di Leipzig, Jerman.

Sebuah superkomputer baru yang dikembangkan Universitas Teknologi Pertahanan Nasional Cina telah dinyatakan sebagai yang tercepat di dunia, menyalip superkomputer Titan Amerika di Laboratorium Nasional Oak Ridge milik Departmen Energi Amerika.

Daftar baru 500 superkomputer paling hebat di dunia diumumkan Senin dalam Konferensi Superkomputer Internasional 2013, di Leipzig, Jerman.

Superkomputer bernama Tianhe-2, yang dalam bahasa Mandarin berarti Milky Way-2, mampu melakukan 33,86 petaflops atau 33.860 triliun operasi matematik per detik. Perangkat ini memiliki 3,12 juta prosesor dan menggunakan chip Ivy Bridge rancangan Intel Amerika dan chip Xeon Pi. Tetapi para pakar mengatakan banyak fitur superkomputer itu yang dikembangkan di China.

Komputer baru itu hampir dua kali lebih cepat dari Titan, peringkat dua dalam daftar itu. Superkomputer Titan di Tennessee hanya mampu melakukan 17,59 petaflops.

Amerika masih mendominasi industri, mengembangkan 252 dari 500 superkomputer dalam daftar itu. Komputer China duduk di peringkat kedua dengan 66 dan Jepang pada posisi ketiga dengan 30 perangkat.

Tianhe-2 akan diluncurkan akhir tahun ini di Pusat Superkomputer Nasional China di Guangzhou.

Superkomputer digunakan untuk simulasi proses yang sangat kompleks seperti sistem cuaca atau fungsi otak manusia.


Superkomputer,superkomputer,super komputer indonesia,superkomputer titan,super komputer tercepat di dunia,superkomputer tercepat,superkomputer di indonesia,superkomputer k,superkomputer windows,superkomputer google,superkomputer ibm


BERIKAN KOMENTAR KAMU TENTANG ARTIKEL INI

susan merah -
ASIKTAU Updated at : 20:00

{ 0 comments... or add one}


Post a Comment