Inilah 4 Limbah yang Dapat Disulap Jadi Uang

Posted by Susan Merah






Inilah 5 Limbah yang Dapat Disulap Jadi Uang, Tahukah kalian bahwa sampah plastik adalah musuh bumi ini?,knp? karena plastik membutuhkan lebih dari 50 tahun untuk di daur ulang olah bumi kita.
oleh sebagian orang-orang sampah plastik ternyata dapat di manfaatkan untuk keranjinan tangan yang dapat menambah pundi pundi uang.


1. Salah satu usaha daur ulang adalah daur ulang pada produk berbahan kaca. Banyak cara yang digunakan oleh para pengrajin untuk memanfaatkan kaca-kaca bekas sebagai bahan dasar pembuatan kerajinan. Salah satunya adalah benda seni berupa kerajinan gelas dari bahan pecahan kaca. Selain terkesan mewah, bentuknya yang unik akan menarik para konsumen. Ini bisa menjadi peluang bisnis yang cukup menggiurkan dengan kerajinan berbahan baku pecahan kaca.

Bahan yang dibutuhkan adalah pecahan kaca atau pecahan botol bekas, toples bekas dan apa saja yang berbahan kaca. Bahan baku tersebut dibersihkan dari bahan kontaminan, dicuci hingga bersih dan dilebur dalam tungku pemanas bersuhu 1.500 derajat Celcius selama 24 jam. Setelah benar-benar meleleh, selanjutnya kaca itu dibentuk sesuai dengan keinginan. Dapat juga dipakai sebagai bahan bangunan dan jalan. Sudah ada Glassphalt, yaitu bahan pelapis jalan dengan menggunakan 30% material kaca daur ulang.

Berbagai bentuk dapat dibentuk dari limbah-limbah kaca itu menjadi bentuk baru dengan nilai tambah di dalamnya. Mulai vas, kap lampu, maupun bentuk baru berupa mainan, antara lain, berbentuk senjata api, kereta api, mobil, helikopter, sepeda motor, andong, becak, dan alat musik drum. Harga yang ditawarkan pun cukup bervariasi yaitu mulai dari Rp 20 ribu hingga Rp 15 juta tergantung ukuran dan tingkat kerumitan proses pembuatan.



2. Di Indonesia, penggunaan kertas daur ulang untuk bahan baku industri kertas telah banyak dilakukan. bahan baku yang paling banyak di gunakan adalah diperoleh dari kertas bekas kosong, majalah, dan kertas tulis.
Produk kertas daur ulang berupa jenis kertas seperti kertas kemasan atau kertas untuk industri, kertas cetak dan kertas tulis, tissue dn cetakan untuk media massa. dalam jumlah terbatas, kertas dur ulang dapat juga digunakan untuk media tanaman isolasi, box, produk kertas cetak (wadah telur, karton, baki makanan, dan pot tanaman).kertas daur ulang ini memilikibeberapa keterbatasan. produk yang dibuat dari proses ini tidak dapat digunkan untuk kemasan bahan kanan, karena kualitas kertasnya menurun dan dapat mudah
terkontaminasi.Khusus untuk daur ulang kertas koran, diperlukan beberapa tambahan proses kimiawi untuk menghilangkan tinta yang ada pada kertas (de-ingking process).
Proses ini menggunakan sabun untuk menghilangkan tinta. Tinta tersebut masih dapat dimanfaatkan untuk kondisi tanah (soil conditioner) . kemudian untuk membuat kertas daur ulang yang baik dan dapat digunakan kembali sebagai bahan pembuat koran, dierlukan modifikasi campuran kertas yang terdiri dari atas campuran kertas koran bekas, majalah dan bubur kertas yang asli (virgin pulp) dari bahan baku awal.



3. ternyata, kaos yang kita pakai sehari-hari dapat dibentuk menjadi sebuah tas tote. itu loh tas yg sering di pake untuk bawa belanjaan di supermarket atau buat main. bongkar lemari kalian, ubek2 kaos yang udah ga muat, atau gambanrya udah luntur. lakukan seperti di gambar atas. taraaaaa



4. proses pengolahan limbaha kayu untuk menjadi sebuah kacamata mungkin membutuhkan keahlian. karena dengan proses yang baik, kayu tersebut dapat di buat menjadi sebuah kacamata yang unik, indah serta ramah lingkungan.

limbah ,limbah b3,limbah organik,limbah industri,limbah moge,limbah plastik,limbah cair,limbah padat,limbah pertanian,limbah domestik,limbah rumah tangga


BERIKAN KOMENTAR KAMU TENTANG ARTIKEL INI

susan merah -
ASIKTAU Updated at : 14:00

{ 0 comments... or add one}


Post a Comment